Program Kerja OSIS

Selasa, 24 Februari 2015

A. Program Seksi Bidang :

1. Seksi ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kegiantan, antara lain:

a. Melaksanakan ibadah sesuai syariat agamanya.

b. Memperingati hari-hari besar keagamaan

c. Pengabdian social kemasyarakatan dalam bentuk Bakti Sosial.

d. Pelaksanaan lomba-lomba keagamaan

e. Menyelenggarakan lomba-lomba keagamaan

1. Seksi Wawasan Keilmuan memiliki kegiatan, antara lain :

a. Membentuk Kelompok Kegiatan Fisika

b. Membentuk Kelompok Kegiatan Kimia

c. Membentuk Kelompok Kegiatan Biologi

d. Membentuk Kelompok Kegiatan Matematika

e. Membentuk Kelompok Kegiatan Astronomi

f. Membentuk Krgiatan Informatika/Komputer

g. Membentuk Kelompok Kegiatan Ekonomi

h. Membentuk Kelompok Kegiatan Pembaca dan Pemirsa

i. Membentuk Kelompok Kegiatan Sejarah dan Budaya

1. Seksi Wawasan Kebangsaan memiliki kegiatan, antara lain :

a. Membentuk Kegiatan Pramuka

b. Membentuk Kegiatan Paskibra

c. Melaksanakan Kegiatan Pertukaran Pelajar

d. Melaksanakan Kegiatan Bakti Sosial

e. Melaksanakan Kegiatan Kernah Kerja Siswa

f. Membentuk Kelompok Pecinta Alam

1. Seksi Kepribadian dan Budi Pekerti memiliki kegiatan, antara lain :

a. Mengadakan Penyuluhan /seminar Penyalahgunaan Narkoba

b. Mengadakan Penyuluhan /seminar bahaya HIV/AIDS

c. Mengadakan Penyuluhan /seminar Hukum dan HAM

d. Mengadakan Penyuluhan /seminar Penyuluhan bahaya penyakit kelamin

e. Penerapan Tata Tertib Sekolah

f. Penerapan Sopan Santun

g. Saling Menghormati sesama warga sekolah

1. Seksi Keterampilan & Kewirausahaan memiliki kegiatan, antara lain :

a. Membentuk Kegiatan Unit Kesehatan Sekolah (UKS)

b. Membentuk Koperasi Siswa
c. Mengadakan Pelatihan Keterampilan Penerapan suatu barang setengah jadi menjadi barang jadi

d. Menyelenggarakan Pelatihan Keterampilan di bidang mekanik, pertanian, pertukangan

e. Menyelenggarakan Pelatihan Keterampilan di bidang tata boga dan tata busana

1. Seksi Kepemimpinan dan Demokrasi memiliki kegiatan, antara lain :

a. Membentuk kegiatan Klub debat

b. Membentuk kegiatan Forum Diskusi

c. Membentuk kegiatan Palang Merah Remaja

d. Membentuk kegiatan Jurnalis pelajar

e. Membentuk kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa

f. Melaksanakan kegiatan bersama antar OSIS atau lembaga terkait lain

1. Seksi Apresiasi Seni, Budaya & Daya Kreasi memiliki kegiatan, antara lain :

a. Membentuk Kegiatan sanggar Seni-budaya

b. Membentuk Kegiatan Kelompok Seni Musik

c. Membentuk Kegiatan Kelompok Majalah Dinding

d. Membentuk Kegiatan Kelompok Fotografi

e. Membentuk Kegiatan Kelompok Bidang Sastra

1. Seksi Olah Raga dan kesehatan memiliki kegiatan, antara lain :

a. Membentuk Kegiatan Atletik

b. Membentuk Kegiatan Bola Volly

c. Membentuk Kegiatan Klub Basket

d. Membentuk Kegiatan Klub Sepak Bola

e. Membentuk Kegiatan Klub Bridge

f. Membentuk Kegatan Karate

g. Membentuk Kegiatan Tenis Meja

h. Dan lain-lain



B. Strategi Pelaksanaan :



Keberhasilan OSIS sangat ditentukan oleh strategi pelaksanaan dan pembinaan dari elemen pendukungnya.

Strategi Plaksanaan OSIS dimulai di tingkat sekolah – kabupaten/kota – provinsi, dan nasional harus berkesinambungan dan konsisten serta tidak ada tumpang- tindih program kegiatan di tingkat dekolah – kabupaten/kota – provinsi dan nasional.

Di Tingkat Sekolah :



Pada tingkat sekolah ada tiga komponen yang mendukung keberhasilan OSIS, yakni Kepala Sekolah, Guru Pembina dan Komite Sekolah.

Peran kepala sekolah sebagai pengambil kebijakan di sekolah akan berpengaruh pada keberhasilan OSIS.

Peran Kepala Sekolah dapat berupa:

· Penyediaan ruang OSIS dan fasilitasnya

· Kebijakan sekolah yang mendukung keberhasilan OSIS

· Memberi kemudahan pada berbagai kegiatan OSIS

· Penyertaan pengurus OSIS dalam kegiatan rapat kerja sekolah

Peran Komite Sekolah antara lain:

· Memberikan fasilitas baik berupa dana maupun dukungan materi lainnya yang dibutuhkan OSIS

· Membantu terciptanya hubungan yang hamonis dangan orang tua siswa, ataupun pihak sponsor dalam penggalangan dana untuk kegiatan OSIS

Peran Guru Pembina, antara lain:

· Membimbing pengurus OSIS dalam berbagai kegiatan OSIS

· Membantu tantangan/hambatan yang dihadapi pengurus OSIS



Di Tingkat Kabupaten/Kota/Provinsi



Di tingkat Kabupaten/kota keberhasilan OSIS juga ditunjang oleh Peran aktif dari Kepala Dinas Penfifikan tingkat Kota/Kabupaten/Propinsi.

Peran dan Kegiatan Pembinaan terhadap OSIS dan Guru Pembina dapat berupa:

· Pelatihan Pengurus OSIS dalam kegiatan Keorganisasian

· Kegiatan bersama antar OSIS seperti: Karya Wisata, Gerak Jalan Napak Tilas Sejarah, dll

· Pembentukan Badan Koordinasi OSIS Tingkat Kabupaten/Kota

· Pelatihan keterampilan keahlian atau Kewirausahaan: seperti Perbengkelan, Pertanian/pertanaman/Tata boga dan Tata busana, dll



Di Tingkat Nasional



Pada tingkat Nasional keberhasilan OSIS sangat ditentukan berbagai keijakan yang dilaksanakan oleh Departemen Pendidikan Nasional dalam hal ini Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Perannya antara lain:

· Pelatihan /TOT/Workshop/Pengurus OSIS dan Pembina OSIS seluruh Indonesia dalam hal keorganisasian OSIS
· Pertukaran Pengurus OSIS antar Propinsi

· Pertukaran Pengurus OSIS di tingkat Regional (ASEAN) dan Internasional

· Pagelaran Seni Budaya Nusantara

· Kerjasama dengan departemen terkait

· Kerjasama dengan komnas HAM dalam kaitannya dengan Disiminasi Pelaksanaan HAM di Indonesia

C. Indikator Keberhasilan

Keberhasilan kegiatan OSIS di sekolah dapat dilihat dari beberapa indicator antara lain aebagai berikut:

1. Terdapat ruang yang di dalamnya terdapat struktur organisasi dan kepengurusan OSIS, program kerja, sarana dan prasarana yang memadai serta berbagai macam piagam penghargaan yang diperoleh sebagai hasil prestasi yang dicapai
2. Keterlibatan pengurus OSIS, anggota OSIS/siswa dalam berbagai kegiatan sekolah dengan masyarakat, seperti memperingati hari-hari besar nasional, macam-macam kegiatan lomba, kegiatan social, seni budaya, dan sebagainya.
3. Diselenggarakannya pelatihan kepemimpinan bagi para pengurus, perwakilan kelas, dan anggota, baik di lingkungan sekolah maupun kabupaten/propinsi.
4. Terselenggaranya berbagai kerjasama antar sekolah dalam berbagai macam kegiatan olahraga, seni, pramuka, dan sebagainya.
5. Terbentuknya kelompok-kelompok belajar, forum membaca di tingkat sekolah maupun antar sekolah
6. Terbinanya dangan baik pelatihan upacara bendera di sekolah
7. Diselenggarakannya latihan lomba baris-berbaris pada hari-hari tertentu secara terencana dan terus-menerus
8. Dilaksanakannya 4 (empat) jalur pembinaan kesiswaan secara terencana dan berkelanjutan, serta terselenggaranya 8 (delapan) seksi kegiatan
9. Terbinanya hubungan yang penuh kekeluargaan antar sisama siswa, antar pejabat, hubungan dengan guru, kepala sekolah, orang tua siswa dan masyarakat
10. Terwujudnya sekolah sebagi Wawasan Wiyatamandala

Copyright @ 2015 Republik OSIS SMKN 6 Garut. Designed by Ade | Ramdani